RSS

Tujuh

Udara terasa amat sejuk. Sejauh mata memandang, terbentang panorama yang sangat indah. Rumput-rumput yang masih basah oleh embun semalam, pohon-pohon wila, langit biru dan awan-awan putih. Jauh di bawah, air terjun Yeh Jinah menderu berselendangkan pelangi. Gemercik airnya berkilauan yang kemudian mengalir berkelok-kelok diantara sawah-sawah yang menghijau dan berhenti sesaat di bendungan Dam Saban.
Alam Bukit Mujan memang indah. Tapi orang tua beranggapan tempat ini angker. Mungkin mereka salah anggapan karena tidak tahu akan keindahannya. Memang kalau diperhatikan di puncak bukit ini ada bangunan candi yang sudah lumayan tua di bawah sebuah pohon cempaka yang besar dan rindang. Tapi tak bisa dibantah kalau tempat ini disucikan, khususnya bagi Umat Hindu.
Aku duduk di bibir tebing tepat di atas kelokan-kelokan sungai Yeh Jinah yang jernih. Sinar matahari kubiarkan menghangatkan setiap sudut ruang dalam tubuhku yang hampa dan dingin. Dikepalaku berlalu-lalang setiap kejadian-kejadian yang telah lama berlalu.
“ Widi, hari ini aku pingin ngomong santai “
“ Oh iya, aku juga “
“ Widi, kita ketemuan yuk “
“ Eh.. iya, dimana? “
“ Terserah “
“ Lho…, kok gitu “
“ Nggak, maksudku di mana aja “
“ Dimana ? “
“ Ya terserah, asal jangan di Pantai “
“ Kenapa ? “
“ Nggak enak aja “
“ Ya deh, Dwi maunya dimana ?”
“ Bagaimana kalau di Ramayana, di bagian buku ”
“ Ya deh. Dwi pakai baju apa ?”
“ Baju merah “
“ Aku baju biru, kapan ?”
“ Mmm….. hari jum’at tanggal 11 ya?”
“ Aduh, aku ada ujian Komputer pukul enambelas, tapi kalau agak siangan bisa “
“ Jam berapa ?”
“ Jam Tiga bisa ?”
“ OK deh, Jam tiga “
Percakapan itu terngiang-ngiang di ruang dengarku. Seperti ada yang mengucapkannya kembali, dengan tepat tanpa ada yang ganjil, tanpa ada nada yang berbeda.
Pandanganku melayang jauh ke puncak air terjun Yeh Jinah.
“ Da, kamu ada rencana ketemuan ‘kan sama Ayu, udah jadi ?”
“ Belum, nanti aja. Cuman aku lagi kepikiran, jangan-jangan orangnya dolpeng “
“ Kalau aku sih nggak, soalnya belum tentu juga kita lebih baik . Dia bisa terima kita apa adanya saja sudah sangat amat sukur, malah aku mikirnya kebalik, kalau-kalau dia yang mengnggapku jelek “
“ Santai aja Di, nggak usah terlalu dipikirkan, menyiksa diri sendiri. Kalau memang dia nggak mau ya sudah. ‘kan masih ada Ellis “
“ Apa hubungannya sama Ellis “
“ Kau pasti tidak tahu, Ellis ada hati sama kamu “
“ Dari mana kau tahu, dia nggak pernah ngomong apa-apa sama aku “
“ Yah, tentu saja, dia ‘kan anak cewek. Nggak etis dong kalau nembak duluan “
“ Akh, sudahlah. Aku nggak tahu “
“ Besok kau mau ketemuan sama Dwi ya “
“ Ya, begitulah “
“ Sukses ya “
“ Terimakasih Da, aku sudah pasrah “
Angin lembah berhembus membelai pepohonan. Rumput-rumput ilalang bergoyang-goyang meliuk-liuk karena tidak berdaya dipermainkan angin.
Akh….., aku masih sangat ingat percakapan-percakapan sebelumnya. Semuanya mengalir kembali dalam ingatanku, deras, sederas aliran air Sungai Jinah.
“ Kamu Widi ya “
Dwi menoleh kepada Made, temenku yang ikut bareng karena juga sambil beli penjepit kertas. Aku sebenarnya sudah curiga kalau dia pasti Dwi. Tapi aku sudah bilang kalau aku pakai baju biru tapi Dwi malah menunjuk temenku yang pakai baju hitam, apa sengaja ?
“ Dwi ya “ sapaku seraya mendekat Ekspresi wajah Dwi berubah. Aku sedikit kecewa, aku yakin Dwi pasti kecewa padaku. Yah, tapi aku sudah pasrah, habis gimana ? apa aku harus diformat ulang ? kata-kata itu pula yang pernah diucapkannya dan kebalik, malah cocok untukku. Dwi ternyata tepat seperti yang kubayangkan sebelumnya, tapi kurasa bayangan Dwi tentangku pasti sudah meleset. Aku sibuk dengan pikiranku sendiri atau aku sok tahu ?
“ Iya, kenalan dulu “
Aku sambut tangannya. Dingin dan lembut.
“ Wi, kamu kecewa ya ?”
“ Ah, nggak biasa aja “
“ Lagi nyari apa Wi ?”
“ Nyariin novel buat adikku “
“ Adik ?, Dwi punya adik ?”
“ Nggak , adik sepupu ? ”
“ Suka Novel ? “
“ Iya “
“ Novel kayak gimana ?”
Aku membongkar-bongkar deretan novel-novel dan sesekali aku bolak-balik.
“ Ya, yang kayak gini, tapi nanti aja “
“ Dwi sudah bawa puisinya ?”
“ Sudah “
“ Bisa tukaran sekarang “
“ Ya, tapi tasku disana, yuk, aku ambil dulu “
Aku mengikuti langkahnya menuju tempat penitipan barang. Dwi megambil tasnya dan kemudian mengambil lembaran-lembaran kertas di dalamnya lalu menyerahkannya padaku. Aku menerimanya dan menyerahkan buku kecil yang aku bawa.
“ Puisimu ini ?”
“ Ya, kamu masih ingat kan? memo telkom yang aku bilang biasanya dipakai mencatat keluhan-keluhan pelanggan, tapi malah aku pakai mencatat puisimu yang kamu bacakan
lewat telepon “
“ Ohhh…..”
Dwi mengamati sejenak buku kecil yang aku berikan kemudian memasukkannya. Aku melirik jam tangan. Pukul 15. 40, ujian mulai 15 menit lagi.
“ Waduh, maaf wi, aku ada ujian komputer sekarang “
“ Oh iya, langsung pulang ? nggak minum dulu ? “
“ Waduh, maaf wi, lain kali aja, sebentar aku ada ujian komputer, tadi aku langsung berangkat dari kampus “
“ Oh, iya “
“ Habis ini kemana Wi ?”
“ Aku mau disini aja dulu, kamu langsung pulang ?”
“ Nggak, aku mau ke kampus “
“ Kita pisah sampai di sini aja “
“ ya “
Kupandangi Dwi yang berlalu sampai hilang diantara kerumunan orang-orang. Made sudah di sampingku kembali, lalu kami bergegas kembali ke kampus.
Ternyata Dwi memang menarik. Aku memang sudah yakin sejak semula, aku pasti tidak akan kecewa. Tapi aku merasakan kekecewaan Dwi, atau mungkin itu hanya pikiranku saja, sebab Dwi tak ada persaan apa-apa padaku, dan itu malah membuatku sangat kecewa. Akh, aku tidak pernah mengerti, dan sekarang sampai cerita ini kuakhiri, aku tak pernah bertemu dengannya lagi. Entahlah, tapi aku yakin semua sudah diatur oleh Yang Di Atas.
Deru sungai jinah kembali kurasakan. Arusnya yang begitu deras sanggup menghanyutkan segalanya, segala rasa kecewaku, segala harapanku yang ambruk, dan juga segala kebahagiaan yang pernah kumiliki walau hanya untuk sejenak.
Aku memandang ke bawah lewat sela-sela kedua kakiku yang terbalut sepatu yang aku biarkan bergelantungan di pinggir jurang, tapi jurang ini seberapa tinggi ya ? kalau ada semut yang jatuh berapa lama agar bisa sampai ke bawah ?
Angin lembah itu datang lagi menerpa wajahku, lembut dan sejuk. Tapi aneh, sepi, tak ada suara apapun selain deru angin yang berhembus berputar-putar di belakangku. Bulu kudukku merinding…..
“ Widi…!”
Aku menoleh.
“ Ehh….Dwi ???“
“ Ya….kenapa ?.”
Dwi tersenyum di belakangku. Tapi aneh wajahnya agak pucat dan samar-samar. Aku menggosok-gosok mataku.
“K..kok…..Dwi....ada di sini ? “
Dwi berpaling dan melangkah, ku mencoba mengejar.
“Dwi kemana ? ….Wi…..awas Wi ….jurang “
Aku menggapai tangannya, tapi ternyata tanganku menggapai ruang kosong, aku tersungkur dan kemudian aku rasakan angin berhembus di sekelilingku, langit dan jurang berputar-putar. Tanganku mencoba menggapai-gapai, tapi aku merasakan rasa sakit yang teramat sangat dan suasana keburu menjadi gelap dan aku tidak ingat apa-apa lagi, entah berapa lama hingga akhirnya ketika aku mencoba membuka mataku, angin berhembus pelan dari sebuah lubang kayu besar tepat di depan wajahku. Kain putih yang bergelantungan di sisinya berayun melambai memanggil-manggil. Sinar surya senja dengan leluasa menerobos dan mengguyur tubuhku yang berbaring lemah di atas kasur busa yang diselimuti kain serba putih, di atas ranjang besi yang kokoh di sudut sebuah ruangan segi empat yang kurasa teramat sangat luas sehingga setiap pandanganku hanya menumbuk ruang-ruang kosong.



Mimpi-mimpi Malam
Vanthey’Kw

Thank’s for the ide


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS